You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
tps liar cengkareng dok beritajakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

TPS Liar Marak di Cengkareng

Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat menghilangkan tempat pembuangan sampah (TPS) liar sepertinya sulit terwujud. Di wilayah Kecamatan Cengkareng saja, tujuh TPS liar masih terlihat meski kerap dilakukan penertiban.

Mencari lahan kosong memang sulit. S ekalinya ada, yang punya menolak

Camat Cengkareng, Ali Maulana Hakim, mengatakan, tujuh TPS liar di Cengkareng yang sulit ditertibkan, antara lain TPS liar di lingkungan RW 07, Kelurahan Kedaung Kaliangke, di RW 03 dan 05 Kelurahan Cengkareng Barat, di RW 04 dan 12 Kelurahan Rawabuaya, dan di RW 01 dan 04, Kelurahan Kapuk.

“Ketujuh TPS liar tersebut merupakan TPS besar. Tapi, selain itu juga terdapat puluhan TPS resmi berupa depo, pool kontainer, bak beton dan gerobak hasil swakelola milik Dinas Kebersihan DKI,” ujar Ali, Minggu (9/11).

Dua Ton Sampah Diangkut dari Pasar Minggu

Dengan luas wilayah Kecamatan Cengkareng 12.654 hektare dan kepadatan penduduk mencapai 467.000 jiwa menghasilkan sampah rumah tangga sebanyak 1.450 meter kubik. Kondisi demikian kerap membuat sampah yang dihasilkan tidak tertampung dengan baik.

Sementara, daya angkut petugas setiap harinya hanya sekali jalan, baik pagi maupun sore hari. Sebab, jarak pemukiman dengan lokasi pembuangan sampah cukup jauh. “Makanya, dengan kondisi itu mengakibatkan banyaknya jumlah TPS liar yang tersebar di Cengkareng,” ucap Ali.

Pihaknya, lanjut Ali, masih kesulitan mencari lahan untuk dijadikan TPS. Saat ini, pihaknya bersama Dinas Kebersihan DKI Jakarta dan Sudin Kebersihan Jakarta Barat tengah menyiapkan tiga titik depo sampah ramah lingkungan di Komplek Perumahan RW 12 Kelurahan Kapuk, RW 05 Kelurahan Cengkareng Barat dan di RW 15 Kelurahan Duri Kosambi.  

“Mencari lahan kosong memang sulit. Sekalinya ada, yang punya menolak. Sehingga untuk ketiga depo tersebut kita pakai lahan fasos-fasum,” tandas Ali.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye828 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati